Jumat, 26 April 2013

BAB VIII




BAB VIII 
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Berdasarkan hasil On the Job Learning(OJL) calon kepala sekolah yang dijabarkan dalam pelaksanaan rencana tindak kepemimpinan,mengenai upaya peningkatan kompetensi kewirausahaan melalui kerja keras dalam penataan lingkungan sekolah (atas dasar hasil AKPK), dan peningkatan penyelenggaraan pendidikan melalui pembelajaran yang interaktif sesuai dengan RPP yang disusunnya (atas dasar hasil EDS),maka dapat disimpulkansebagai berikut:
1.  Adanya peningkatan kompetensi penulis (calon kepala sekolah) dalam kewirausahaan yang dilakukan melalui kerjakeras dalam penataan lingkungan sekolah sesuai dengan tujuan rencana tindak kepemimpinan.
2.  Adanya peningkatan penyelenggaraan pendidikan melaluipembelajaran yang interaktif sesuai dengan RPP yang disusunnya, setelah melaksanakan kegiatan In House Training (IHT).
3.  Adanya peningkatan pemahaman guru-guru dalam pembuatan RPP Interaktif sesuai dengan yang disusunnya, melalui pembimbingan calon kepala dan tim pengembang sekolah.
B.  Saran-saran
Berdasarkan hasil kesimpulan yang dikemukakan di atas, maka terdapat saran-saran yang perlu disampaikan sebagai berikut:
1.     Kepala sekolah sebaiknya memberikan bimbingan dan pembinaan secara intensif kepada warga sekolah untuk memelihara  lingkungan sekolah supaya tetap terpelihara dan tertata  dengan rapih,  bersih, tertib,  aman dan nyaman.
2.     Sebaiknya kepala sekolah secara berkala melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan yang dilakukan pendidik dan tenaga kependidikan dalam pembuatan perangkat pembelajaran seperti silabus, RPP interaktif, dan bahan ajar sebagai pelengkap administrasi guru, sertamengidentifikasi tingkat kompetensi mereka sehingga dapat dijadikan dasar untuk melakukan pengembangan kompetensi yang memenuhi standar, mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan dan pembelajaran khususnya dan memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan 8 standar pendidikan di sekolah pada umumnya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar