Jumat, 26 April 2013

BAB VII




BAB VII 
UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN 
MELALUI KERJA KERAS DALAM PENATAAN LINGKUNGAN 
DI SEKOLAH MAGANG


A.   Persiapan
Upaya peningkatan kompetensi kewirausahaan melalui kerja keras dalam penataan lingkungan di SMAN Cimanggung yang dilakukan penulis adalah menindaklanjuti dari pelaksanaan peningkatan kompetensi kewirausahaan melalui kerja keras dalam penataan lingkungan sekolah sebagai upaya yang dilakukan di SMAN Jatinangor.
Pada tahap persiapan langkah pertama yang dilakukan penulis adalah menghubungi, konsultasi dan diskusi dengan kepala sekolah mengenai rencana program penataan sekolah sehat,setelah mendapatkan respon positif dari kepala sekolah selanjutnya melakukan sosialisasi mengenai sekolah sehat terhadap warga sekolah magang, membuat rencana program, dan melaksanakan program sekolah sehat sesuai dengan rencana tindak kepemimpinan yang sudah disetujui oleh kepala sekolah magang, dan diakhiridengan monitoring dan evaluasi oleh kepala sekolah magang.
B.   Pelaksanaan
Pelaksanaan kegiatan tindak kepemimpinan yang dilakukan penulis dalam menata lingkungan sekolah sehat, dilakukan setiap hari kecuali hari libur selama enam hari sebelum masuk kelas yang dimulai dari tanggal10September s/dtanggal 15 September 2012 dengan terlebih dahulu diberi pengarahan yang  diikuti seluruh warga sekolah.  Pelaksanaan kegiatan tersebut dibagi kedalam empat tahapan kegiatan sebagai berikut :
Tahap ke satu tanggal 10 s/d tanggal 11Septmber 2012 membersihkan ruang kelas masing-masing dan lingkungan sekolah.
Tahap ke dua tanggal 12September s/d tanggal 13 September 2012 penanaman tanaman hias dalam pot bunga yang di simpan di depan kelasnya masing-masing.
Tahap ke tiga tanggal  14september 2012  penanaman tanaman apotik hidup, warung hidup dan pohon rindang dilahan yang telah disiapkan.
Tahap ke empat tanggal 15 September 2012 monitoring dan evaluasi oleh kepala sekolah.
C.   Monitoring dan Evaluasi
Adapun monitoring dan evaluasinya dilakukan oleh kepala sekolah, waktu pelaksanaan monev dilaksanakan pada tahap ke empat hari Sabtu tanggal 15 September 2012. Pelaksanaan kegiatan berjalan dengan baik, tertib, dan penuh tanggungjawab. Hasil pelaksanaan kegiatan tetap harus dijaga dan dirawat secara periodik supaya tetap kelihatan bersih dan indah.
D.   Refleksi
Setelah melalukan kegiatan rencana tindak kepemimpinan di sekolah magang,ternyata adanya peningkatan dalam penataan lingkungan sekolah sehat dibanding dengan sebelumnya,sudah tertata dengan rapih, cara kerja siswa menunjukkan adanya kerjasama yang baik, danmeningkatnyakedisiplinan guru dengan memberi contoh keteladanan dalam kebersihan,tersedianya alat-alat kebersihan yang menunjang, pemeliharaan tetap harus dilakukan secara rutin oleh seluruh warga sekolah.
E.     Hasil
            Adapun hasilyang dicapai adalah meningkatnya kompetensi pemahaman penulis sebagai calon kepala sekolah, tertatanya lingkungan sekolah yang rapih dan teratur, terciptanya kebiasaan hidup sehat dilingkungan sekolah yang dilakukan oleh seluruh warga SMA Negeri Cimanggung sesuai harapan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar